Senin, 15 April 2013

Asal Usul nama Tubagus

Hasil search image Google buat Tubagus -_-
Salah satu yang mendapat gelar Tubagus, Tubagus Ali Akbar, yang berprofesi sebagai aktor



Gue pernah bingung sama nama gue sendiri. Nama gue mengandung kata yang jarang ditemui di nama orang lain yaitu 'Tubagus'. Dulu sewaktu gue bertanya pada bapak gue, bapak gue menjawab bahwa Tubagus itu adalah nama khusus orang Banten. Tapi kok ada yah orang banten tapi tak memakai Tubagus?

Tubagus itu berasal dari kata Ratubagus. Ratubagus itu gelar yang diberikan kepada keluarga kasunyatan banten. Belanda banyak membantai orang orang bergelar Ratubagus. Akhirnya Ratubagus diubah menjadi Tubagus.

Bila dirunut dari berbagai sumber, sebetulnya Tubagus itu adalah gelar “sayyid” untuk keturunan Rasulullah yang diterapkan di Banten, kalo di arab saudi mungkin ada gelar 'habib' dan di Iran mungkin ada 'sayyid' di  Banten ada 'Tubagus'.Ini bukan gelar kebangsawanan, tapi supaya yang punya gelar selalu terikat dengan rasul, sehingga diharapkan selalu meneladani beliau. Hal ini karena setiap keturunan Sultan Hasanuddin adalah keturunan Rasul mengingat ayah Sultan Hasanuddin yaitu Maulana Syarif Hidayatullah adalah keturunan Rasul. Dan satu-satunya dari Wali  Songo (anyg keturunan rasul). Pada Syarif Hidayatullah mengalir dua darah utama, yakni dari Rasulullah dari ayahnya, sedangkan dari ibunya mengalir darah penguasa Padjajaran yang merupakan adik dari Prabu Siliwangi.

Pada zaman dulu yang memakai nama Tubagus & Ratu biasanya identik dengan pandai, ahli dalam soal agama,bisa mangaji, agamis, pendakwah atau  memberi manfaat buat orang lain. Mendapat gelar Tb atau Ratu bukan untuk narsis tapi lebih pada untuk periksa diri bahwa kita mendapat tugas untuk memberi manfaat buat orang lain serta menjaga garis keturunan.

Katanya untuk mengetes seorang itu Tubagus atau bukan, suruh saja menunjukkan silsilahnya, kalo dia Tubagus asli, katanya silsilah ini terus dipelihara sehingga nyambung ke Maulana Hasanuddin atau ke Syarif  Hidayatullah. Jadi jangan memahami Tubagus sebagai gelar kebangsawanan, itu hanya gelar untuk keturunan rasul yang ada di Banten. dan gelar itu bukan untuk menyombongkan diri, tapi supaya mereka malu, kalo berbuat maksiat. Sebab pada darah mereka mengalir darah rasul, makhluk Allah yang paling dicintai-Nya.

Setelah mengetahui arti dari nama Tubagus yang sebenarnya, gue jadi menyesal. Menyesal akan semua kelakuan buruk gue. Semoga di kesempatan berikutnya gue dapat berbuat lebih baik & lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT agar tradisi Tubagus dapat terus berjalan. o:)

Tubagus Muhammad Falak Abbas (1842-1972), seorang ulama kelahiran Banten yang juga mendapat gelar Tubagus


 

1 komentar: